DOA KEMULIAAN DAN TERPUJILAH

Kemuliaan

Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. (Amin.)

Terpujilah

Terpujilah nama Yesus, Maria dan Yusuf, sekarang dan selama-lamanya. (Amin.)


**********

DOA "KEMULIAAN" (“Gloria Patri”, bhs. Latin atau “The Glory be to the Father/The Glory be”, bhs. Inggris) adalah sebuah doksologi, sebuah madah pujian singkat kepada Allah yang ada dalam pelbagai liturgi Kristen. Doa “Kemuliaan” juga disebut sebagai doksologi kecil untuk membedakannya dengan doksologi besar, yaitu  “Madah Kemuliaan” seperti terdapat dalam Tata Perayaan Ekaristi (“Gloria in Exlecesis Deo”).

Doksologi orang Kristen paling awal ditujukan kepada Allah Bapa sendiri, atau kepada-Nya “melalui” (διὰ) Putra-Nya, atau kepada Bapa dan Roh Kudus dengan (μετά) Putra, atau kepada Putra dengan (σύν) Bapa dan Roh Kudus.

Tradisi untuk doksologi berasal dari Sinagoga Yahudi. St. Paulus sering menggunakannya doksologi yang sama (doa “Kemuliaan”) di dalam surat-suratnya. Sebagai contoh ia mengalamatkan kepada “satu-satunya Allah yang penuh hikmat, oleh Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin” dalam kesimpulan suratnya kepada jemaat di Roma (Rm.16:27).  

Doksologi Trinitarian yang dialamatkan dengan cara sejajar kepada tiga pribadi Trinitaris, dipersatukan dengan kata dan (καί),  seperti dalam formula baptisan (Mat.28:10), menjadi umum pada Konsili Nikea, dan tersebar luas dengan edik Tesalonika (380).

Dalam ritus Katolik, doa “Kemuliaan” sering dinyanyikan atau didaras di dalam Liturgi Ibadat Harian atau Offisi Ilahi (didoakan oleh imam, banyak ordo atau kongregasi religius, dan lebih sering lagi sejak Konsili Vatikan II, oleh kaum awam juga) terutama pada akhir Mazmur dan Kidung dan Lagu Singkat (resposories). Bentuk doa “Kemuliaan” juga dipakai secara mencolok di dalam devosi, non liturgis, khususnya dalam doa Rosario, di mana doa “Kemuliaan” didaras sebelum butiran manik doa “Bapa Kami” dan juga sesesudah setiap kali sepuluh kali doa “Salam Maria” selesai didoakan (F.Cahyo W.).

Bdk. http://en.wikipedia.org/wiki/Gloria_Patri; http://www.ourcatholicprayers.com/the-glory-be-prayer.html

Share on Share on Google Plus

About Unknown

Kami adalah para saudara Kapusin yang tinggal di Rumah Novisiat Kapusin Pontianak di Poteng, Singkawang. Kami membuat blog ini karena kami ingin berbagi nilai-nilai kemanusiaan, kekatolikan dan juga kefransiskanan kepada semua saja yang berminat atau tertarik untuk mempelajari dan mendalaminya. Harapan kami, tulisan-tulisan yang ada di blog ini dapat berguna untuk menambah wawasan keimanan kita semua.