PENGAKUAN IMAN RASULI (SYAHADAT SINGKAT)

  1. Aku Percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan  bumi;
  2. Dan akan Yesus Kristus, Putera-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
  3. Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria.
  4. Yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, wafat dan dimakamkan.
  5. Yang turun ke tempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
  6. Yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa,
  7. Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
  8. Aku percaya akan Roh Kudus,
  9. Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus.
  10. Pengampunan dosa.
  11. Kebangkitan badan.
  12. Kehidupan kekal. Amin.
**********

Syahadat para Rasul ini mencerminkan pokok ajaran para Rasul dan dipandang sebagai rangkuman setia dari iman para Rasul. Namun demikian Syahadat ini bukanlah dikarang atau disusun oleh salah seorang murid Yesus. Syahadat para Rasul ini merupakan pengakuan pembaptisan lama dalam Gereja Katolik. Karena itu mempunyai otoritas tinggi. “Itulah simbolum yang dijaga Gereja Roma, di mana Petrus, yang pertama di antara para Rasul, mempunyai takhtanya dan kemana ia membawa ajaran iman para Rasul itu.” (Ambrosius, symb.7).

Menurut legenda – yang berasal dari Rufinus – (345 – 410) yang menyusun Syahadat ini adalah kedua belas rasul. Masing-masing menyusun satu kalimat.

Kiranya rumus Syahadat ini disusun pada abad kedua sebagai rumusan iman dasar bagi para katekumen sebelum mereka dibaptis. Syahadat-syahadat yang digunakan dalam upacara pembaptisan abad ke-4, dan dikutip dalam sebuah buku pedoman ajaran Kristen yang ditulis antara tahun 710 – 724, sangat mirip dengan teks yang digunakan sekarang. Syahadat para Rasul ini dalam Gereja kita dipakai dalam Misa Kudus dan juga dalam pembukaan Doa Rosario. (F. Cahyo W.).

    Share on Share on Google Plus

    About Unknown

    Kami adalah para saudara Kapusin yang tinggal di Rumah Novisiat Kapusin Pontianak di Poteng, Singkawang. Kami membuat blog ini karena kami ingin berbagi nilai-nilai kemanusiaan, kekatolikan dan juga kefransiskanan kepada semua saja yang berminat atau tertarik untuk mempelajari dan mendalaminya. Harapan kami, tulisan-tulisan yang ada di blog ini dapat berguna untuk menambah wawasan keimanan kita semua.