NATAL DALAM BIARA SLOT

Perayaan Natal adalah peristiwa yang sangat dinanti-nantikan oleh para suster slot maka berbagai persiapan pun diadakan untuk itu. Karena telah menjadi sebuah tradisi terkadang momen-momen untuk menyambut Natal dirasakan seperti sebuah kejutan. Misalnya: Pada tanggal 6 Desember ada peristiwa hujan permen pada waktu makan yang dilakukan oleh Abdis atau Vikaris.  Maka setiap tangan terbuka menerima hujan permen, siapa yang mendapat permen terbanyak boleh membagikannya pada saudari yang tidak beruntung dalam menadah hujan permen. Karena itu Natal selalu diidentikkan dengan semangat berbagi.

Pada Minggu sukacita dalam masa Adven setiap suster di Pos Kerja masing-masing mulai merancang dan menyediakan bahan untuk membuat Kandang atau Gua Natal.  Semua dilakukan dengan gembira dan kadang-kadang bentuknya pun masih dirahasiakan. Semua ini dilakukan karena pada malam Natal sebelum misa diadakan perarakan Bayi-Bayi Yesus menuju kandang Natal yang telah disiapkan mulai dari Lantai III (Ruang Doa Portiuncula) menuju Lorong Kamar tidur (Lantai II) dilanjutkan ke Novisiat lalu ke San Damiano (ruang rekreasi) kemudian ke Kamar tamu lalu ke Refter (kamar makan) terus ke Dapur dan yang terakhir menuju Kapel.  Kanak-kanak Yesus dikumpulkan di Portiuncula  lalu dibawa dalam perarakan oleh si pembuat Kandang/Gua Natal.  Perarakan diiringi dengan nyanyian Natal setelah sampai pada Kandang Natal lilin dan lampu kerlap-kerlip dinyalakan, kanak Yesus diletakkan oleh Abdis di palungan dan si pembuat gua memimpin doa demikian seterusnya hingga sampai di kapel.

Selama masa Natal dan Tahun baru kami diizinkan memberi salam kepada tamu-tamu yang datang berkunjung juga boleh menemani tamu-tamu. Karena tamu-tamunya bergantian yang datang maka secara bergiliran kami bergantian menemani agar kegiatan di dalam Slot tetap berjalan seperti biasa.  Pada masa Natal dan Tahun Baru kami mendapat perhatian dari Penderma Agung yang hadir dalam palungan Natal melalui para penderma yang memberikan  kejutan dan memacu kami untuk  bersuka cita pada hari-hari yang berahmat ini. Pada 28 Desember kami dibangunkan untuk doa ibadat tengah malam bukan dengan ketukan, tetapi dengan musik disertai nyanyian Natal dan dijamu dengan minuman hangat.

Mengakhiri masa Natal yang jatuh 10 Januari 2015 kami mengadakan perpisahan dengan kandang/Gua Natal dalam sebuah konser musik pada acara rekreasi di San Damiano yang dimulai sesudah makan malam dan sesudah cuci mangkok-piring. Konser ini hanya berlangsung sekitar 45 menit atau satu jam. Acara ini dipandu oleh beberapa suster yang menyiapkan nomor lagu yang akan dinyanyikan selama konser. Alat musik yang dipakai antara lain: Harmonika, seruling (Recorder), Violin, Pianika dan Gitar.  Bagi para suster yang mempunyai alat musik memainkan alat musiknya dan yang lain diminta untuk bernyanyi. Meskipun  tidak ada dirigen semua berjalan dengan baik dan teratur karena saling mendengarkan dan memperhatikan. Konser ini dibuka dengan nyanyian “Wartakan Dengan lantang”. Setelah selesai menyanyikan tiga lagu Natal, Ibu Abdis membagikan topi Sinterklas untuk kami pakai. Dengan topi Sinterklas, kami tampil beda dan makin bersemangat mengiringi dan menyanyikan lagu-lagu natal. Acara ini ditutup dengan lagu “Gembala berjaga” dari Buku PS No.485. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama di depan kandang Natal. Tepat pukul 19.30 wib lonceng biara berdentang, kami berjalan menuju kapel untuk menutup seluruh rangkaian kegiatan hari ini dengan completorium (doa ibadat Penutup). Dalam ibadat kami mempersembahkan sebuah lagu Natal kepada Bunda Maria yang berjudul ”Sekuntum Mawar indah”. Lagu ini diiringi dengan alat musik yang kami gunakan tadi. Maka dengan demikian semua hiasan Natal boleh dibuka sesudah pesta pembaptisan Yesus. (Sr.M.Agnes OSCCap).
Share on Share on Google Plus

About Unknown

Kami adalah para saudara Kapusin yang tinggal di Rumah Novisiat Kapusin Pontianak di Poteng, Singkawang. Kami membuat blog ini karena kami ingin berbagi nilai-nilai kemanusiaan, kekatolikan dan juga kefransiskanan kepada semua saja yang berminat atau tertarik untuk mempelajari dan mendalaminya. Harapan kami, tulisan-tulisan yang ada di blog ini dapat berguna untuk menambah wawasan keimanan kita semua.

0 comments:

Post a Comment