DESKRIPSI LOGO TAHUN YUBILEUM KERAHIMAN ALLAH

Logo dan motto bersama-sama memberikan ringkasan pas tentang apa Tahun Yubileum (Yobel) itu.

Moto “Hendaklah murah hati seperti Bapa” (diambil dari Injil Lukas, 6:36) berfungsi sebagai sebuah undangan untuk mengikuti contoh Bapa yang murah hati yang meminta kita untuk tidak menghakimi atau menghukum, tetapi untuk mengampuni dan memberi cinta dan pengampunan tanpa batas (bdk. Luk.6: 37-38).

Logo – karya Pastor Yesuit, Marko I. Rupnik - menyajikan summa theologiae kecil dari tema kemurahan hati.

Sebenarnya, itu merupakan sebuah gambar yang cukup penting untuk Gereja awal: bahwa Anak telah memanggul di atas bahu-Nya jiwa yang hilang, yang menunjukkan bahwa itu adalah kasih Kristus yang membawa kepada penyelesaian misteri inkarnasi-Nya yang memuncak pada penebusan.

Logo telah dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat mengungkapkan cara yang mendalam bagaimana Gembala Yang Baik menyentuh daging kemanusiaan kita (manusia yang rapuh, mereka yang menderita) dan melakukannya dengan cinta, dengan kekuatan untuk mengubah hidup seseorang.

Salah satu ciri khusus yang pantas dicatat adalah sementara Gembala Yang Baik, dalam kemurahan hati-Nya yang besar, mengenakan kemanusiaan untuk diri-Nya sendiri, mata-Nya beradu pandang dengan manusia yang menderita.

Kristus melihat dengan mata Adam dan Adam dengan mata Kristus. Setiap orang menemukan di dalam Kristus, Adam yang baru, kemanusianya sendiri dan masa depan yang terbentang di depan, merenungkan, dalam pandangannya, cinta Bapa.

Adegan ini ditangkap dengan apa yang dalam bahasa Italia disebut mandorla (bentuk sebuah almond), sebuah gambar yang cukup penting pada ikonografi awal dan abad pertengahan, karena menunjuk kepada pemikiran dua kodrat Kristus, yang ilahi dan manusiawi

Tiga oval konsentris, dengan warna semakin terang sebagaimana kita bergerak ke luar, menunjukkan gerakan Kristus yang membawa kemanusiaan keluar dari kegelapan dosa dan kematian. Sebaliknya, kedalaman warna yang lebih gelap menunjukkan kegigihan cinta Bapa yang mengampuni semua. (F.Cahyo W.)

Sumber: http://www.im.va/content/gdm/en/giubileo/logo.html
Share on Share on Google Plus

About Unknown

Kami adalah para saudara Kapusin yang tinggal di Rumah Novisiat Kapusin Pontianak di Poteng, Singkawang. Kami membuat blog ini karena kami ingin berbagi nilai-nilai kemanusiaan, kekatolikan dan juga kefransiskanan kepada semua saja yang berminat atau tertarik untuk mempelajari dan mendalaminya. Harapan kami, tulisan-tulisan yang ada di blog ini dapat berguna untuk menambah wawasan keimanan kita semua.

0 comments:

Post a Comment