BERDOA DAN BEKERJA

Apa dan Siapa


Hampir setiap sore, ia berada di kebun sayur belakang unit biara Rieti. Sepertinya ia sedang sibuk dengan pekerjaannya mencabut rumput-rumput yang ada di antara sayur-sayuran tanamannya. Ia bukan tukang kebun biara. Ia adalah seorang biarawan dari Ordo Saudara Dina Kapusin (OFMCap). Namanya, Fr Athanasius Nandung OFMCap. Walaupun tidak pernah mengenyam sekolah pertanian, tapi biarawan kelahiran Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, 31 Juni 1989, sangat hebat dalam bercocok tanam. Setiap sayur-sayuran dan buah-buahan yang ditanamnya pasti tumbuh dengan subur dan menghasilkan banyak buah.

Bercanda dengan Fr Athan (sapaan akrabnya)  selalu menyenangkan. Fr Athan tidak pernah marah walau diejek oleh Frater-frater yang lain. Selain dikenal rajin bekerja, Fr Athan juga dikenal sebagai pendoa di komunitas/biara. Hal ini membuahkan pengabdian dan pelayanannya yang penuh kasih bagi sesamanya. “segala kerja tangan yang kita lakukan harus di imbangi dengan doa yang baik pula, dengan doa kita dapat mensyukuri segala rahmat yang kita terima, doa juga kekuatan untuk dapat menjalani rahmat panggilan suci dari Tuhan (sebagai biarawan Kapusian).” Tutur frater yang sedang menempuh studi di STFT St Yohanes Pematang Siantar ini.

Dengan senang hati ia melaksanakan tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya. Saat ini, ia dipercayakan oleh para saudara muda (para frater) menjadi pemimpin  di salah satu unit komunitas persaudaraan Kapusin yang ada di Bara Kapusin Alvera Sinaksak .

Meski disibukkan dengan urusan rumah dan kampus, Fr Athan masih perduli terhadap penghijauan lingkungan, “kita adalah bagian dari lingkungan, baik atau buruknya lingkungan tergantung dari bagaimana kita merawatnya.” Ungkap frater yang murah senyum ini. sebagai bentuk nyata dari tanggung jawabnya sebagai pencinta lingkungan, ia berusaha merawat lingkungan unit biara dengan menanaminya sayur-sayuran dan bunga-bunga tanpa pupuk kimia. tanaman yang ditanaminya itu telah tumbuh dengan subur, segar dan asri. Hampir setiap hari tanaman-tanaman itu dipelihara dan dirawatnya dengan rajin.

Fr. Masseo Clinton OFMCap
Biara Kapusin Alverna
Jl. Pasar Baru – Sinaksak
Kotak Pos 168
Pematangsiantar 21101

Share on Share on Google Plus

About Unknown

Kami adalah para saudara Kapusin yang tinggal di Rumah Novisiat Kapusin Pontianak di Poteng, Singkawang. Kami membuat blog ini karena kami ingin berbagi nilai-nilai kemanusiaan, kekatolikan dan juga kefransiskanan kepada semua saja yang berminat atau tertarik untuk mempelajari dan mendalaminya. Harapan kami, tulisan-tulisan yang ada di blog ini dapat berguna untuk menambah wawasan keimanan kita semua.

0 comments:

Post a Comment