SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA RUMAH SAKIT KUSTA ALVERNO, SINGKAWANG


Pemerintah Kerajaan Belanda pada tahun 1911 menganjurkan kepada Gereja Katolik (Missie Katolik) untuk memberikan perhatian dan pelayanan kesehatan kepada para penderita penyakit kusta di Kalimantan Barat, khususnya di Singkawang dan sekitarnya, karena di daerah ini ditemukan penderita penyakit tersebut. Atas anjuran itu maka Vikaris Apostolik Pontianak yakni Mgr.Bos meminta kepada Suster-Suster Misionaris yang bergerak/bekerja di bidang kesehatan untuk menindaklanjutinya.

Tahun 1912 para penderita kusta yang berada di Pontianak dikumpulkan dan dikirim ke sebuah kamp dekat Singkawang. Pernah ada ide mereka merasa diasingkan di sebuah pulau yang tak berpenghuni di depan Teluk Suak. Namun baru satu malam mereka sudah melarikan diri dengan menggunakan perahu, karena mereka merasa tidak suka. Setelah itu para penderita ini tersebar ke berbagai daerah. Masyarakat merasa resah atas keberadaan mereka itu.

Pihak misionaris bergerak untuk mengumpulkan mereka dan menampung mereka di kaki Gunung Sari kurang lebih 1,5 km sebelah selatan Singkawang. Pada tahun 1914 dibangunlah beberapa rumah sederhana untuk para penderita dan sebuah kapel kecil dengan biaya Missi, selanjutnya pada tahun 1917 pemerintah Hindia Belanda membantu.

Pada tahun itu juga datanglah seorang suster dari negeri Belanda yaitu Suster Cajetana van Tiel ke Singkawang. Suster Cajetana van Tiel adalah seorang suster perawat penyakit kusta. Semenjak kedatangannya langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada penderita penyakit kusta. Setiap hari Suster berjalan kaki selama 20 menit dari rumah susteran ke kamp penderita kusta dengan membawa bekal  untuk merawat mereka hingga malam. Begitulah pelayanan Suster Cajetana van Tiel selama bertahun-tahun tanpa mengenal lelah.

Pada tahun 1925 Vikaris Apostolik Pontianak yakni Mgr.Bos membangun beberapa unit pemukiman dan rumah sakit sederhana dengan berlantai semen, dinding papan serta atap daun. Bersamaan dengan itu dibangun pula rumah suster dengan nama “Susteran Leproserie Alverna”. Bangunan-bangunan tersebut selesai dan mulai difungsikan pada tanggal 17 November 1925. Kompleks di kaki Gunung Sari itulah kini berkembang menjadi kompleks Rumah Sakit Kusta Alverno, dan tanggal 17 November diperingati sebagai hari jadinya.

Pada perkembangan selanjutnya datang lagi 2 orang suster dari negeri Belanda untuk membantu Suster Cajetana van Tiel yakni Suster Achilla dan Suster Wilhelmia. Kemudian karya tersebut diteruskan oleh Suster Theodrina dan menyusul Suster Merrie Bernard. Demikianlah Rumah Sakit Kusta Alverno berdiri dan berkembang dalam pelayanan maupun fasilitas, sarana dan prasarananya yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Vikariat Apostolik Pontianak.


Pada awal-awal kemerdekaan Pemerintah Indonesia belum mampu membangun rumah sakit pemerintah yang baru untuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kalimantan Barat. Berdasarkan keadaan tersebut pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan kerja sama dengan Vikariat Apostolik Pontianak dalam pengelolaan rumah sakit-rumah sakit milik misi katolik yang berada di Kalimantan Barat antara lain Rumah Sakit Sungai Jawi-Pontianak, Rumah Sakit Santa Elisabeth-Sambas, Rumah Sakit Santo Vincentius-Singkawang, Poli Klinik Nyarumkop dan Rumah Sakit Kusta Alverno- Singkawang.  Sebagai bentuk kerjasama tersebut maka pada 27 Oktober 1954 diterbitkan Surat Perjanjian dengan Akte Notaris No. 189 yang ditandatangani oleh Lie Kiat Teng dari Kementrian Kesehatan RI dan Mgr. Van  Valenberg dari  Vikariat Apostolik Pontianak pemilik Rumah Sakit.

Dengan demikian Rumah Sakit Kusta Alverno Singkawang secara operasinal menjadi tanggung jawab pemerintah, namun kepemilikan rumah sakit tersebut adalah Vikariat Apostolik (sekarang Keuskupan Agung) Pontianak. Semenjak itulah pemerintah memberikan subsidi  berupa biaya operasional, sarana dan prasarana, tenaga medis, paramedis, serta biaya pemeliharaan, walaupun masih belum mencukupi.

Oleh karena itu pihak Keuskupan Agung Pontianak masih harus menyediakan tenaga paramedis dan non medis serta turut  berperan serta secara aktif dalam pendanaan baik secara rutin maupun dalam bentuk proyek. Sebagian dari rumah sakit tersebut kini pengelolaannya sudah dikembalikan kepada pemiliknya yaitu Keuskupan Agung Pontianak. Pada tahun 1990 dikembalikanlah Rumah Sakit Sungai Jawi, Pontianak yang kemudian berubah nama menjadi Rumah Sakit Santo Antonius, menyusul tahun 1993 Rumah Sakit Santo Vincentius, Singkawang dan terakhir tahun 1997 Rumah Sakit Santa Elisabeth, Sambas. Yang masih belum dikembalikan oleh pemerintah tinggal Poli Klinik Nyarumkop dan Rumah Sakit Kusta Alverno, Singkawang.

Semenjak berdirinya Rumah Sakit Kusta Alverno Singkawang hingga saat ini dalam memberikan perawatan dan pengobatannya kepada pasien tidak memungut biaya apapun. Kini pelayanan Rumah Sakit Kusta Alverno tidak sebatas memberi pengobatan dan perawatan kepada pasiennya tetapi lebih dari itu, pihak rumah sakit (bersama dengan Departemen Sosial) juga memberikan pemukiman dan bantuan penghidupan serta bantuan biaya sekolah anak-anak dari para penyandang kusta.

Pada 1985 bekerjasama dengan Departemen sosial, Rumah Sakit Kusta Alverno membangun pemukiman untuk eks penderita kusta di Desa Hok Lo Nam (Norio) yang kemudian sebagian berpindah ke Desa Pakunam mengingat lokasinya tidak layak huni dan tidak bisa untuk bercocok tanam. Sedangkan pemukiman di sekitar Rumah Sakit Kusta Alverno dan Roban adalah hasil usaha rumah sakit dengan bantuan para donatur yang bersedia membantu. Komplek pemukiman Roban dibangun mulai dari tahun 1956 dan terus bertambah. Pada tahun 1980/1981 mendapat bantuan dari Canada. Komplek pemukiman bagi penderita kusta kini tersebar dalam 4 lokasi yaitu di : Sekitar Rumah Sakit (± 9 hektar), Roban, Pakunam (± 10 hektar), dan Hok Lo Nam.

Program-program pemerintah yang menyangkut pelayanan dan peningkatan kesehatan masyarakat juga banyak menyentuh keberadaan dan kegiatan rumah sakit ini. Mulai tahun 1993 hingga sekarang mendapat bantuan dana Operasional Pemeliharan Rumah Sakit (OPRS) dari pemerintah yang dipergunakan untuk rehabilitasi gedung, menambah pengadaan / perawatan sarana lain serta penyuluhan tentang penyakit kusta. Departemen Tenaga Kerja juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan keterampilan bagi eks penderita kusta di antaranya kursus menjahit, mengelas, pertukangan, dan perbengkelan.

Pada 22 Agustus 1980 Rumah Sakit ini telah melakukan operasi rekonstruksi pada kaki, tangan, dan mata dengan bantuan Dr. Berbudi dari Rumah sakit Kusta Sitanala, Tangerang. Operasi rekonstruksi ini terus berlanjut. Dr. Berbudi melakukan operasi sebanyak 5 kali kemudian diteruskan Dr. Tumada sebanyak 6 kali hingga tahun 1985. Mulai tahun 1985 Rumah Sakit Kusta Alverno Singkawang berada di bawah binaan Rumah Sakit Kusta Sungai Kundur, Sumatera Selatan. Sehingga sejak itu tenaga dokter ahli yang membantu operasi berasal dari Rumah Sakit Kusta Sungai Kundur, Sumatera Selatan. Dokter-dokter tersebut adalah Dr. Rivai Abd. (+), Dr. Nazaruddin, Dr. Syaiful Anwar Hadi ( 8 kali melakukan operasi ), Dr. Hasneimah, Dr. Liana Meilan, Dr. Taufik, Dr. Zaki Mabarat (4 kali melakukan operasi ), Dr. Andry M.T.Lubis sampai dengan tahun 1998. Pada tahun 1999 dan 2000 operasi konstruktif ditangani oleh Dr. Syaiful Anwar Hadi yang berdomisili di Jakarta.

Dalam perjalanannya Rumah Sakit Kusta Alverno Singkawang mendapat perhatian dan sumbangan baik berbentuk tenaga, dana, sarana dan prasarana serta pemikiran dan pembinaan kerohanian dari berbagai pihak. Untuk itu pantaslah Rumah Sakit Kusta Alverno Singkawang mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, yakni: pemerintah, para dokter, donatur, dan semua pihak yang peduli dengan penderita kusta.(Fr. Immanuel OFMCap).

Sumber: buku kenangan 75 tahun RSK Alverno.
Share on Share on Google Plus

About Unknown

Kami adalah para saudara Kapusin yang tinggal di Rumah Novisiat Kapusin Pontianak di Poteng, Singkawang. Kami membuat blog ini karena kami ingin berbagi nilai-nilai kemanusiaan, kekatolikan dan juga kefransiskanan kepada semua saja yang berminat atau tertarik untuk mempelajari dan mendalaminya. Harapan kami, tulisan-tulisan yang ada di blog ini dapat berguna untuk menambah wawasan keimanan kita semua.

0 comments:

Post a Comment